Ads Here

Senin, 21 Mei 2012

Hikmah bulan rajab

          Rajab merupakan bulan ketujuh dalam kalender hijriyah. Bulan yang mulia,karna bulan ini memiliki banyak nama menurut para ulama. Bulan ini memiliki empat belas nama antara lain:
Bulan Allah, Rajab, Rajab mudhar, Munsilul asinnah, Al-asham, Al-ashab, Munafish, Mu'alla,Muqim,Harim,Muqasyisy, Mubarri',Fardun. Sebagian ulama lain juga berpendapat bulan rajab memiliki tujuh belas nama selain nama diatas ditambah dengan Rajam,Munshilul alat,dan Munzi'ul asinnah.
Bulan Rajab di beri nama Al-asham karena peperangan diharamkan dalam bulan ini.
Dari Aisyah r.ah.Dia berkata bahwa Rosulullah saw bersabda,"Rajab adalah bulan Allah dan di sebut dengan Al-asham".
        Rajab merupakan bulan dimana Rosullulah saw diperjalankan oleh Allah swt,dari Masjidil Haram di mekkah menuju Masjidil Aqsa di jerusalem(palestina). Atau lebih dikenal dengan isro' dan mi'roj.
Dan Allah telah mengisahkan peristiwa agung ini dalam surah Al-isra''(17) ayat pertama,"Maha suci Allah Yang telah memperjalankan hamba_NYA pada suatu (potongan) malam dari masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagai tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha mendengar lagi Maha melihat".
Sesungguhnya di bulan rajab ini terdapat hikmah yang sangat besar untuk kita meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah swt.
Rosullullah pernah bersabda,"Rajab itu bulannya Allah,Sya'ban itu bulanku dan ramadhan adalah bulanya umatku. 
"Barang siapa berpuasa sehari dibulan rajab,maka ia laksana puasa setahun,bila puasa tujuh hari maka ditutuplah pintu-pintu neraka jahanam untuknya,bila puasa delapan hari maka dibukakan delapan pintu surga,bila puasa sepuluh hari maka Allah akan mengabulkan permintaannya (HR.Al-thabrani dari syaid bin rasyid).
Artikel ini aku dapat dari buku berjudul "12 bulan yang di berkahi Allah" dan dari situ on line nahdhatul ulama (NU).silahkan klik disini. Aku menulis ini karna banyak sekali sms yang masuk dihapeku yang berbunyi "tanggal 22 mei 2012 kita masuk awal bulan rajab.. barang siapa puasa dua hari di awal rajab maka seakan-akan dia ibadah dua tahun, dan barang siapa menginggatkan orang lain tentang hal ini seakan ibadah 80th".
Busyeeettt dahh...!! dapat dari mana informasi kagak jelas seperti ini..?? Sebenarnya amalan-amalan bulan rajab ini mengundang kontraversi para ulama, ada yang bilang kalau rajab adalah salah satu bulan haram. Memang benar pada bulan ini diharamkan untuk berperang tapi bukan laranggan untuk kita berpuasa.
Bulan-bulan haram yaitu ada empat Dzulqa'idah,Dzulhijjah,muharam dan rajab.
Dan niat untuk berpuasa demi mendapat ridho Allah swt itu sah-sah saja. Semua perbuatan itu tergantung niat.Dan Allah swt akan mencatat amalan seseorang walau hanya seberat biji sawi saja.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar